An engineer (soon to be), a dancer, a food enthusiast, an amateur food photographer, a traveller, a lover.

Monday, July 2, 2018

Bela Negara Bank Mandiri

Salah satu kewajiban peserta ODP ialah melaksanakan Mandiri Value Internalization Program (Mandiri VIP) dan Bela Negara. Untuk kali ini gua hanya akan menceritakan program Bela Negaranya saja, untuk Mandiri VIP mungkin di lain waktu, agak mager sebenernya nyeritainnya, kayak kurang berguna gitu kalo menurut gua haha.

muke2 bahagia telah melewati bela negara
Oia sebelum gua menulis cerita gua, gua mo ngopasin lirik lagu wajib ketika bela negara, yaitu:

MARS BELA NEGARA

Bangunlah seluruh bangsa Indonesia
Hadapi tantangan dan cobaan
Raihlah cita-cita yang mulia
Indonesia makmur dan sentosa

Walau berbagai suku dan agama
Ragam budaya serta golongan
Satu untuk semua, semua untuk satu
Jayalah Indonesiaku tercinta

Persatuan dan kesatuan
Negara Republik Indonesia
Undang-undang dasar empat lima
Pancasila dasar negara

Seluruh rakyat wajib bela negara
Songsong hari esok makmur sejahtera

Untuk nadanya bisa dicari di youtube. Sebenernya ini bakal diprintin sih di rumpin, tapi kalo pada mager bawa2 kertas kan mending liat hape aja ga sih? Orang dibolehin main hape juga ko haha.

Kalo dah pada apal liriknya, gua lanjut ke inti blog gua, yaitu kisah program bela negara.

Buku panduan Bela Negara
FYI, gua melaksanakan Bela Negara pada tanggal 23-26 Oktober. Tapi 23nya itu mulai dari sore. Soalnya baru nyampe di rumpinnya sore. Berikut ini gua lampirin rundown acara gua selama Bela Negara.

1

2
Tanggal 23 sore kami sampai rumpin, seperti yang sudah diduga sebelumnya, bus kami sengaja melewati rumpin agar kami bisa turun dan jalan kaki menuju rumpin. Yang serunya ialah ketika dalam perjalanan tersebut, hujan mengguyur kota bogor. Jadilah kami berbecek2an menuju rumpin.

Hari kedua yaitu tanggal 24, gua pengen menghiglight Caraka malam dan api semangat bela negara. Disitu acaranya ialah peserta akan disuruh jalan memutari rumpin berdua dua cewe dan cowo (istilahnya jurit malam), namun sebelumnya harus menghafalkan suatu berita untuk kemudian ketika kembali ke rumpin menceritakan berita itu kembali. Berita tersebut bersifat rahasia sehingga jika ada pos yang meminta menceritakan berita tersebut, kalian tidak boleh menceritakannya. Caraka malam diakhiri dengan api semangat bela negara, disini peserta akan berbaris dan mencium bendera merah putih. Acara selesai kira2 pukul 12 malam.

Hari ketiga, yaitu tanggal 25 gua pengen menghighlight malam keakraban. Sumpah ya, ini acara ga bener banget. Baru acara pembukaan kemaren, dah ada malam keakraban haha gimana ga kocak? Itu isinya TNI2 pada main musik, kita bisa request. Dan... dangdut pastinya yang sudah paling banyak direquest. Karena pada saat itu lagu jaran goyang sedang hits, jadilah lagu tersebut tak luput dinyanyikan.

Hari keempat, gua pengen menghighlight upacara penutupan. Buset dah, itu isi upacaranya cuma nungguin jendral bintang 4 dateng dan.. pada akhirnya beliau juga ga bisa ikut acara penutupan juga sih. Akhirnya tuh baru dimulai sekitar jam 4/5 gitu. Jadi selesai sebelum maghrib. Kalo kalian liat di foto awal gua tadi, itu foto pas dah selesainya upacara tu.

Hmmm..  Oia, ada hal yang perlu gua ceritain. Jadi di Rumpin tuh asramanya enak banget, ada AC+kipas angin, gedungnya bersih dan masih baru. Kamar mandinya pun luas, tapi ada sekat2nya jadi ga telanjang rame2 pas mandi. Masih terjaga lah privasinya haha. Khusus untuk cowo, pas malem tuh kalian mesti jaga di luar masing2 selama 30 menit. Katanya sih biar selalu siaga kalo2 ada apa2. Padahal selama 4 hari, ga ada tuh yang namanya digedor2 disuruh bangun dadakan. Seru deh pokoknya mah. Nyantai~

Okey, mungkin ini aja yang bisa gua ceritain. Ada banyak bahan materi yang ga gua tampilin, kayak misalnya materi bapulket dll. Kalau mau materinya bisa tulis email kalian di kolom komentar. Ntar gua kirimin.

5 comments:

  1. Halo kak adam, saya udah ngikutin cerita odp bank mandiri dari yang tahap seleksi. Kalo odp bank mandiri itu, bidang kerjanya memilih di awal atau nanti ditentukan setelah training selesai kak? dan kalau boleh tau, pilihan bidangnya apa aja ya kak?
    terima kasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo NN,

      Untuk ODP Bank Mandiri kita tidak memilih bidang kerjanya. Jadi nanti dari Manajemen akan ngeliat background kita darimana dan hasil dari training kita lebih bagus dimana. Ada beberapa rekan yg sebelum penempatan, diwawancarai oleh user, namun ada juga yg tidak wawancarai. Begitu. .

      Delete
  2. Your blog has chock-a-block of useful information. I liked your blog's content as well as its look. In my opinion, this is a perfect blog in all aspects. dewa poker

    ReplyDelete

About Me

Seoramg penikmat anime yang kadang menulis hal-hal yang terdapat dalam pikiran.

Contact us

Name

Email *

Message *