An engineer (soon to be), a dancer, a food enthusiast, an amateur food photographer, a traveller, a lover.

Saturday, May 13, 2017

Tiga hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum ke Rancaupas, Ciwidey.


"Lu suka duren?", kata jibeh
"Suka", jawab gua
"Nah gua ga suka, lu kenapa suka?"
"Hmmm... Ya gua suka aja, ga bisa dideskripsiin."
"Nah itu."
"Iya, segimana pun lu deskripsiin kenapa lu suka duren, jibeh tetep ga suka duren.", kata Aldy.

Kadang apa yang lu harapkan dari orang, ga bisa lu dapetin. Misal dari percakapan tadi, gua pengen jibeh suka banget sama duren, kalo pada dasarnya dia dah ga suka, ya mo diapain juga ga bakal suka. Ya tapi itu ga masalah, it's fine. Setiap orang emang punya selera masing2. Dan lu ga bisa memaksakan kehendak lu. Boleh sih punya harapan, cuma gausah terlalu sedih juga kalo misalkan harapan lu itu ga terkabul. Ya mungkin ini jalan dari Yang Maha Esa lebih supaya lu dapet jalan yang terbaik buat lu.

Setiap orang mengejar sempurna, tapi terkadang bukan kesempurnaanlah yang dinilai, melainkan keterselesaikan tugas yang diberikan.

Oke, tadi itu intro, percakapan gua sama jibeh pas kemping di Rancaupas tanggal 14-15 April 2017 kemaren, itu pas hari Jumatnya libur itu. Gua juga lupa sih itu libur apa. Saking banyaknya libur di bulan April... Langsung aja ya ke topik bahasan kali ini, yaitu: 3 Hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum ke Rancaupas, Ciwidey.

1. Cuaca di sana ga sedingin itu.
Sunrise ala-ala

Gua gatau apakah emang waktu gua yang ga pas, apa gara2 tenda gua isinya 8 orang, jadi ga kerasa dingin, ya gatau juga. Soalnya gua nanya ke temen gua yang dah pernah kemping sebelumnya, dia bilang udaranya dingin banget. Oleh karena itu, gua dah persiapan nih, buat nyewa sleeping bag. Ujung2nya ga dipake juga. Gua rada nyesel sih nyewa sleeping bag, 3rb permalam huhu. Kan mayan ya.

Tenda dan sleeping bag

 Oia, sebelum kalian berpikiran untuk tidak nyewa sleeping bag, gua kasih tau kondisi-kondisi gua. Jadi gini, gua ga make sleeping bag karena ada beberapa hal, yaitu: tenda gua kapasitasnya 6-8 orang, nah gua isinya tuh 8 orang, penuh banget donk. Kedua, jadi gua baru nyampe rancaupas tuh sekitar jam 11 malem kalo ga salah. Karena memang niatnya untuk bonding, jadilah kita disana ga tidur, tapi ngobrol-ngobrol dan main sampai jam 4. Nah karena tanggung kan, dikirain sunrise jam 5an, jadilah ada beberapa orang yang ga bisa tidur. Jadi kan ga kepake tuh sleeping bag.

Kondisi dalam tenda isi 8 orang

 2. Tempat camping (Baca: kemping)-nya sedeket itu sama parkiran.

Parkiran Rancaupas
Gua lupa ga fotoin dimana lokasi gua nenda, yang jelas itu tuh deket banget sama tempat parkirnya. Man, ya ampun, ga sesuai ekspektasi gua banget. Gua kira mesti trekking dulu kek gitu sebelum nenda. Lah ini? Cuma sebelah2an sama mobil. Jadi gua keluar tenda, depannya mobil gua. Itu kalo kalian liat fotonya, posisi yang ngadep bagian belakangnya tuh tenda gua, kira2 gini deh:

Yap, di sini! Btw, ini selfienya @haha_hafiz
Nah tapi paginya, gua baru sadar, ternyata ada jalan kecil gitu menuju tempat yang lebih proper buat kemping, jadi mesti jalan dulu dikit, ga sebelah2an sama mobil. Bisa dimaklumi lah ya, soalnya itu kan kondisi dah malem, ga keliatan kalo ada jalan kecil gitu. Mana becek banget pula. Malemnya tuh pas gua dan teman-teman nyampe, itu kondisi abis ujan. Perjalanan menuju rancaupas pun ditutupi kabut gitu karena abis ujan.
 
3. Penangkaran rusanya ga sebagus itu.


Ngarepin wortel ya?
Satu kata setelah gua liat penampakan penangkaran rusa di sini: sedih. Gila loh, itu lumpurnya menggenang gitu, rusanya jadi keliatan kotor. Jujur aja gua jadi sedih ngeliatnya. Padahal tujuan gua ke rancaupas tuh ada 2, pertama foto sunrise, kedua foto ngasih makan rusa. Sunrisenya okelah, ga kecewa-kecewa amat. Foto rusanya nih, ya ampun sedih ngeliatnya ckck.

Ga ada rumputnya
Gua gatau sih, apa karena emang rumputnya abis dimakan rusa apa gimana, soalnya di ladang yang dipagerin itu (kalo kalian liat lebih teliti, di bagian paling jauh gambar, itu ada ladang yang dipagerin dan ada rumputnya) di sana ga ada rusanya. Tapi kasian aja ga sih sama rusanya, kenapa rumputnya ga ditanem lagi ya? Trus becek banget gitu. Entah karena malemnya abis ujan, jadi super becek gitu apa emang kondisi tiap harinya tuh becek kek gitu, gua ga ngerti juga. Pantesan aja ada temen gua yang bilang, penangkaran rusanya tuh jelek di sini. Padahal kalo liat di instagram-instagram orang, hasilnya bagus- bagus aja.

Okedeh, sekian aja blog gua kali ini, moga-moga bermanfaat buat kalian yang pengen pergi ke rancaupas, buat jadi bahan pertimbangan aja. Yang terpenting ialah jangan lupa HAVE FUN!

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Important notes:
Harga tiket masuk rancaupas (perkiraan aja, soalnya gua lupa)
per orang (sambil kemping): 20.000
mobil: 10.000 
P.S. paginya nanti kamu bakal ditagih bayar parkir mobil lagi, gua sih ngasihnya 5.000 aja. Kesel bet, gua kira 10.000 dan termasuk tiket parkir hhhh.

2 comments:

  1. Waah sayang ya, mungkin faktor hujan dan sering diinjek kaliya rumputnya sama manusia trs rusak? (bisa ga sih?)
    Pas dulu saya kesana masih banyak rumputnya, walau ada spot yg becek lumpur gt dan malah mikirnya emng itu khusus kubangan untuk rusa main lumpur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget, manusia ga ada yang turun ke lumpurnya itu masalahnya. Mungkin emang karena rumputnya dah abis aja kali ya, trus sama pihak pengelolanya ga ditanem lagi.

      Delete

About Me

Seoramg penikmat anime yang kadang menulis hal-hal yang terdapat dalam pikiran.

Contact us

Name

Email *

Message *