An engineer (soon to be), a dancer, a food enthusiast, an amateur food photographer, a traveller, a lover.

Tuesday, October 11, 2016

Tokyo, 5-11 September 2016

Perjalanan ke Jepang bermula ketika gua mengikuti education trip dari Gotravindo. Gua rencana ke Jepang emang udah lama, cuma ga punya alasan khusus aja buat bilang ke ortu gua haha. Akhirnya setelah tau ada info education trip ini, ya gua bilang lah gua ke ortu gua dan akhirnya direstui untuk berangkat ke sana. Program education trip dari gotravindo ini sebenarnya ga education-education amat, kebanyakan tripnya. Education-nya ya paling kita ke pusat studi inter-budaya Jepang, untuk belajar sedikit bahasa Jepang dan mencoba menulis kanji. Sisanya ya jalan-jalan ke spot-spot keren di Tokyo. So... The journey begin.

5 September 2016
Gua berangkat dari bandara Soekarno-Hatta jam 06.15 wib, yang artinya gua dah dateng dari jam 5 dan yang artinya pula gua dah bangun dari jam 3 (atau bisa disebut gua ga tidur karena harus begadang ngerjain tugas). Perjalanan ke Jepang membutuhkan waktu 7 jam, jadi selama itu, gua memakai waktu 5 jam gua untuk tidur. Sisanya untuk makan dan nonton film Alice through the looking glass (yang pada akhirnya ga selesai di keberangkatan). Gua terbang pake ANA, dapet di harga 6,4jt untuk PP soalnya harga 6jt-nya dah keburu abis duluan. Pengalaman terbang pake ANA cukup seru, karena ga transit dan di dalem pesawatnya kita bisa nonton film2 terbaru.

Nyampe Narita jam 15.00 waktu setempat di terminal 1. Gua dijemput sama pihak travelnya di terminal 2, jadi pas mau berangkat gua salah ngasih info. Setelah berlama-lama, barulah akhirnya jam 5an ketemuan di terminal 2 dan baru berangkat menuju Shibuya untuk makan malam. Jadi sebelumnya gini, pas ke Jepang gua berniat untuk tidak makan daging ayam atau sapi karena menurut gua itu tidak dipotong secara syariat islam. Namun begitu gua nyampe tempat makan, melihat bahwa menu ikannya tidak sesuai selera, maka prinsip gua langsung gugur. Jadilah gua pesen ayam ^^a



Setelah makan, kami berfoto-foto di pinggir jalan Shibuya (yang terkenal ramai itu) untuk kemudian pergi ke hotel. Oia, gua ga sempet foto sama hachiko pas di Shibuya soalnya ribet banget, masa harus bawa2 koper segede gaban trus mengarungi kumpulan lautan manusia untuk foto sama hachiko. Jadilah gua hanya pengen untuk pergi ke hotel secepat mungkin.

Koper yang memberatkan itu.....


Penginepan gua selama ikut gotravindo namanya sakura hostel. Jadi dia bukan hotel, melainkan hanya sebuah hostel. Jadi banyak backpacker yang nginep di situ juga. Harganya relatif murah (atau mahal?) karena permalamnya harganya 3000 yen. Itu setara dengan hotel bintang 3 di Indonesia, tapi di Jepang hanya mendapat hostel. Nyampe hotel, mandi bentar, tidur langsung.

6 September 2016
Pagi-pagi  gua pergi ke pusat studi budaya Jepang untuk belajar bahasa Jepang sedikit2 dan menulis kanji.

Itu kebanyakan arti kanjinya sebenernya nama masing-masing
Mayan lah, gua jadi bisa dikit2 ngomong bahasa Jepang walau hanya sebatas "sumimasen" dll *dan lain-lainnya gua lupa sebenernya haha* Lagian yang gua inget cuma itu aja sama "eigo wo hanase masuka?" itu pun gua nanya ke temen yang kuliah di Jepang, artinya, "bisa bahasa inggris ga?". Oia, pengalaman gua sama orang Jepang, mereka tuh sama aja kayak orang Indo, susah bet diajak ngomong bahasa inggris. Sepanjang perjalanan gua ke Jepang, kebanyakan cuma pake bahasa isyarat, paling banter mereka bilang "choto" pas gua tanya bisa bahasa inggris ga. Choto artinya "dikit" btw.

Kalo mo cari yang halal
Siangnya gua makan di ayam-ya. Ini restoran ramen halal gitu di daerah okachimachi. Menurut gua so far so good. Porsinya gede. FYI, porsi gede dan porsi sedeng sama aja harganya. Kalo lu emang abis buat yang porsi gede, pesen yang gede aja sekalian, tapi don't be like an asshole to ask a large size but in the end lu ga abis. Sayang. Mending buat orang lain kan.

Setelah makan siang, gua pergi ke akihabara, muter2 nyari pesenen barang hape second buat temen, eh ternyata harganya sama aja. Akhirnya dia ga jadi beli, yaudah gua akhirnya muter2 ga jelas. Daerah akiba ini sebenernya daerahnya para anime lovers gitu tapi banyak juga barang elektronik yang dijual. Gua muter2 daerah sini kan, eh nemu toko hentai, jav gitu. Penasaran kan, ya masuk donk gua? Masa engga sih, cowo loh. Ternyata isinya beneran hentai dan jav. Lucunya adalah, gua melihat sepasang muda-mudi saling bersenda gurau sambil memerhatikan CD hentai. Itu agak lawak sih... Kenapa lu mesti ke toko gituan sambil bawa pacar lo? Jepang emang dilegalin sih toko-toko kayak gitu. Di daerah akiba, gua nemu beberapa toko yang jual hentai, jav, dll.

Dah lelah muter2 sambil bawa barang2, gua pergi ke depan AKB48 cafe lagi buat ketemu sama rombongan gotravindo. Tak lupa memasukan belanjaan gua ke dalam tas terlebih dahulu agar tidak ribet. Janjiannya sih jam setengah 6 sore mau cus ke Odaiba, eh nyatanya molor sampe sekitar jam 6 baru cus.



Kami berangkat kesana naik JR, trus nyambung pake kereta tanpa masinis. Sabi sih, dijalanin pake komputer gitu. Tapi indo ga kalah sabi juga ko, kita punya kereta tenaga angin di TMII. Itu juga ga ada masinisnya, coba aja ke TMII kalo ga percaya hoho.

Oke, di Odaiba gua pastinya foto sama patung, eh robot gundam yang dalam bentuk raksasanya. Ini beneran robot loh, at least kepalanya sih... Beneran bisa gerak2 gitu di jam2 tertentu. Jadi bukan cuma patung biasa.

Selain foto bareng robot gundam, sebenernya gua juga foto sama replika patung liberti. Nah cuma ga gua post di sini, mungkin nanti bakal gua upload di IG. Sering2 cek ig gua ajalah ya kalo gitu haha @adampraha.

Ini di Odaiba sebenernya rada absurd, jadi kita nunggu makan lama bener, akhirnya jalan2nya jadi cuma bentar di Odaiba karena dikejar waktu. Makan malemnya pun agak ngasal sebenernya kalo gua bilang, di food courtnya mall gitu. Gua lupa nama mall nya apa, cuma ngetrend gitu ko sebenernya mallnya juga. Jadinya pas selesai foto2, balik deh ke asakusa hostel.


7 September 2016
Shubuh2 gua pergi ke tsukiji fish market, sendirian. Gua dah ngajak Emi sebenernya pas malemnya. Nah cuma dia dah terlanjur tidur duluan, jadi akhirnya yaudah, karena dia ga baca sampe shubuh, gua kesana sendiri deh. Sebenernya tujuan gua ke tsukiji fish market ini bukan untuk liat lelang ikan tuna yang terbatas banget isi pengunjungnya, 200 orang/hari. Melainkan untuk makan sushi di Sushi-Dai. Dan... Ternyata bener, antriannya untuk makan di sushi ini, super panjang. Gila, gua ga keburu lah kalo mesti nunggu antrian yang super panjang gitu. Soalnya paginya gua sama rombongan mo pergi juga, lah ntar kalo ditungguin kan jadi ga enak. Jadinya, gua mencari alternatif sushi yang enak selain di sushi-dai, gua memilih sushi zanmai.

Antrian yang super panjang itu, gua ngantri sekitar sejam ga maju-maju

Paket sushi di Sushi Zanmai
Komentar gua setelah makan sushi zanmai di tsukiji, enak. Mungkin ikannya tidak sesegar di Sushi Dai, tapi menurut gua ini sushi yang enak. Gua lupa harganya berapa, cuma dari foto yang gua tampilin itu, sekitar 2000an yen udah termasuk pajak dan udah termasuk miso soup. Saran gua, kalo lu cuma pengen nyobain ikan tuna sama salmonnya aja, mereka ada paket sendiri yang cuma ikan aja. Jadi ga pake telur ikan, belut, dll. Itu lebih murah, cuma lu bisa dapet fat tuna, medium tuna, tuna biasa sama salmon sushi. Tapi kalo bener2 pengen hemat dan lu bisa bahasa jepang, mending lu belinya satuan aja, kayaknya kalo gamau sarapan banyak2, bisa deh lu dapet lebih murah.

Selesai makan, gua pergi balik lagi ke asakusa. Pagi itu rada surem, soalnya cuaca tak mendukung, ujan rintik2 gitu. Oia, kaki gua sempet luka jempolnya. Jadi gua pas pagi2 sebelum ke tsukiji itu, nyari supermarket dulu buat beli hansaplast. Yang keselnya adalah, gua tuh luka gara2 gua lari gitu kan, eh jempol gua gamau diajak kompromi, nyeret lah ke aspal. Luka. Elah, lagi mo cepet2 gara-gara takut ga keburu, malah jadi lama gini ckck.

Gua nyampe asakusa hostel ga lama, pokoknya ga telat deh. Anak2 juga lagi pada sarapan di lobby, bahkan ada juga yang masih mandi. Oleh karena gua melihat keadaan seperti itu, gua memutuskan untuk mandi dulu trus lanjut sarapan di hotel. Mayan kan soalnya emang udah dibayarin sarapannya sama gotravindo mah. Setelah anak2 pada beres, kita mengunjungi sensoji *like never before* padahal tiap hari kalo mo ke hostel juga pasti lewatin sensoji temple.

Depan Sensoji Temple
Jembatan cinta
Mitos menyebutkan bahwa jika dua orang atau sekelompok grup berfoto di jembatan ini bisa-bisa terjadi cinta yang timbul antar orang di foto tersebut. Yah, percaya atau tidak, silahkan renungkan masing-masing.

Siangnya, pergi ke tokyo sky tree, yang mana gua pikir akan naik ke atas tower tersebut. Namun nyatanya tidak termasuk dalam paket gotravindo huft. Oke, jadilah hanya berfoto di bawah saja. Oia, perjalanan untuk menempuh ke tokyo sky tree sempat tersendat dikarenakan hujan yang mengguyur. Jadi sebenernya ya ga rugi2 juga ga naik ke atas, soalnya pasti bakal tertutup kabut.

Menaranya ga keliatan, sama aja boong emang, yang penting dah pernah kesini

Tokyo sky tree tuh sebenernya ga sepenuhnya menara. Dia tuh mall, cuma ada menaranya. Nah menaranya dikapitalisasi deh, di lantai sekian ada restorannya dan katanya sih restorannya bisa muter gitu. Gua ga ngerti juga, ga ke atas soalnya. Kalo mo coba lebih spesifik, cari2 ada di gugel kan banyak referensi. Selain restorannya, emang di lantai yang paling atas, orang2 yang mau liat tokyo dari langit bisa naik sih, biayanya sekitar 3000 yen kalo ga salah. Setelah makan siang di Mcd *kesel banget ga sih? Jauh2 ke Jepang makannya Mcd. Yaudah nikmatin aja* gua ko merasa lelah ya? Soalnya emang dah pergi dari shubuh sih. Jadilah gua izin ke orang travelnya kalo gua ga ikut acara selanjutnya. Trus minta kunci kamar buat balik ke hostel. Acara selanjutnya ialah pergi ke harajuku btw.

Gua bangun kira2 jam 4 atau 5 sore, yang gua inget, gua nyampe harajuku dah malem gitu. Sekitar jam 6an. Jadi gua ketemu sama anak2 lagi pada makan sushi di pinggir jalan harajuku ha ha, kasian. . Selesai makan, sebenernya acara dah bebas, jadi langsung pada balik ke hostel. Dan... Yakali gua baru nyampe harajuku dah disuruh pulang lagi kan ya ga mungkin kan? Makanya gua pengen jalan2 dulu di harajuku. Eh, tetiba ada dua mahluk cantik bernama syifa dan aning yang pengen ngikut gua ngebolang. Pas ditanya, "lu mo kemana?", gua jawab, "gatau", karena emang gatau gua mo kemana. Yang terlintas di benak gua adalah gua pengen jalan2 dulu di harajuku, lah orang gua aja baru nyampe, masa langsung balik ke hotel lagi. Aneh ketika jawaban "gatau" gua tetap mereka artikan sebagai "gua punya rencana", jadi mereka tetep ikut gua ngebolang.

Rupanya perjalanan membawa kita menemui pengalaman baru, perkenalan, dan mempertegas definisi tentang perjalanan. Bahwa jika kamu ingin berjalan cepat, maka berjalanlah sendirian. Namun bila kamu ingin berjalan jauh, maka berjalanlah bersama-sama. Jika kurangkum seluruh perjalananku selama di Tokyo, maka momen inilah yang akan kujelaskan. Memaknai perjalanan seutuhnya. Momen ini merupakan titik balik dari seluruh definisi yang sebelumnya telah aku amin-i. Perjalananku sebelum dan sesudah momen tersebut, tidak ada yang memberikan efek besar bagiku, efek yang akan selalu kukenang selama hidupku. Baiklah, begini ceritanya.

First of all, I don't know them. Gua cuma tau mereka sebatas teman satu tour, cuma ya udah, ga kenal-kenal banget. Bahkan, seinget gua, gua lupa-lupa inget nama mereka. Oke, setelah beberapa langkah akhirnya gua berhasil mengetahui nama mereka. Mereka anak UNPAD angkatan 2015 jurusan agrokultur *atau pertanian?*, pokoknya jurusan yang berurusan dengan tanaman deh. Perjalanan kita awalnya hanya berakhir sampai di ujung jalan harajuku, namun gua memiliki ide lain, yaitu untuk mengunjungi Roppongi. Bagi yang gatau Roppongi itu daerah apa, bisa search di google lah ya. Karena gua pikir jarak dari harajuku ke roppongi ga terlalu jauh, jadi gua memutuskan untuk berjalan kaki saja.





Jadi perjalanan ke daerah roppongi itu diawali dengan mampir terlebih dahulu ke Apple store. Si syifa pengen beli iPhone katanya. Awalnya biasa-biasa saja, ada pegawai yang nyapa dengan "assalamualaykum", kami jawab "wa'alaykumsalam" pun kami biasa aja. Sampai ketika kita bertiga sedang melihat hape, pegawai tersebut ngajak ngobrol kami, pake bahasa inggris. Oia, fyi pegawai ini bukan asli Jepang, dia keturunan Nigeria *kalau tidak salah* yang kerja di Jepang. Soalnya pasti kalian bertanya-tanya, bagaimana mungkin orang Jepang dengan pedenya akan mengajak mengobrol strangers dengan bahasa inggris dan topiknya pun akan bikin kaget, tentang Islam. Beliau banyak bercerita tentang betapa keimanan seorang Islam diuji di negri yang minoritas muslim. Bagaimana sebuah negara yang tidak menganut sistem agama, namun memiliki prinsip Islam, tolong-menolong. Bagaimana sebuah negara Islam, bahkan dengan serta merta tidak memiliki prinsip keislaman, toleransi.

Beliau menceritakan bahwa jika kamu terlihat tersesat di Jepang, maka kamu tidak lama akan dihampiri oleh orang Jepang, dan akan bertanya. "can I help you?". Pada awalnya saya tidak percaya, karena saya memang belum menemukan momen seperti itu. Kemudian beliau juga menceritakan pengalaman tentang pergi haji, bahwa ketika dia datang ke Arab, dia mendapat fasilitas khusus, seperti dijemput menggunakan taksi dan sebagainya. Hal ini dikarenakan beliau mengatakan bahwa beliau berasal dari Jepang. Namun temannya yang berasal dari negara tak dipandang, diperlakukan tak sepadan dengan dia, tak dijemput dengan taksi dan sebagainya. Oke, saya mulai sedikit percaya.

Lambat laun, waktu berlalu. Berbicara dengan beliau sangat mengesankan pun sangat menjengkelkan mungkin bagi pegawai yang lain. Hal ini gua bilang karena kami selalu dilirik-lirik oleh pegawai yang lain dengan tatapan yang seperti mengatakan, "cepet keluar". Akhirnya obrolan pun kami hentikan, dan kami segera melanjutkan perjalanan ke Roppongi.

Jika kuingat-ingat, perjalanan dari harajuku ke Roppongi kurang lebih sekitar sejam, dan itu dilakukan dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan kami melewati jalan besar yang dipinggir-pinggirnya berjejeran toko-toko ternama, seperti setelah diceritakan sebelumnya, terdapat apple store. Lalu, ada kalanya kami pun melewati jalan kecil. Jalan tersebut nampaknya seperti sebuah kompleks perumahan. Namun kompleks perumahan yang dimiliki oleh kalangan atas orang Jepang. Karena rata-rata di kompleks tersebut, tiap rumah setidaknya memiliki satu buah mobil, dan mobilnya pun bukan sembarang mobil, melainkan mobil mewah. Sampai suatu ketika, kami sampai di Roppongi.


Oh hello there
Tujuanku tidak tercapai, kukira di Roppongi seperti red light disctrict di Belanda yang mana kamu bisa melihat wanita2 menari di depan cafe mereka. Namun satu hal yang kupelajari ialah, kamu mungkin tidak mendapat tujuanmu, namun pasti ada sesuatu yang bisa kamu dapat, yaitu proses. Ya, perjalanan dari harajuku ke roppongi bagiku merupakan proses yang sangat berarti bagiku. Durasi sejam itu sekaligus cepat dan lama. Cepat karena aku menikmati obrolan di antara kita dan lama karena harus berjalan kaki *apalagi gua mesti tanggung jawab donk bawa aning yang bawa barang belanjaan segede gaban, yakali ga gua bawain*.

Setelah dari Roppongi, kami langsung cus ke stasiun terdekat untuk menuju asakusa. Dengan sebelumnya mampir terlebih dahulu ke Don Quijote.





8 September 2016
Hari terakhir bersama rombongan Gotravindo. Cukup menyesal karena aku baru bisa dekat dengan rombongan ini, terutama aning dan syifa saat hari kemarin. Jadi baru bisa minta foto2innya sekarang *lah* haha. Ini ada beberapa foto yang diambil dari kamera aning saat perjalanan di waseda university

ki-ka: aning, syifa, shelma, mira, si tampan
Batu yang entah apa itu artinya

Setelah dari waseda university sebenernya dari pihak gotravindonya sudah tidak ada acara lagi, jadi acara dilanjutkan oleh masing2 individu. Gua, angga, syifa, aning, tommy, hafiz pergi ke akiba lagi. Kali ini cuma dengan tujuan yang jelas, yakni membeli iPhone second. Sebenernya yang pengen beli si syifa sama aning sih, gua mah nemenin aja. Tommy sama hafiz juga cari2 sendiri oleh2 mereka. Jadilah gua, angga, syifa, aning yang hunting cari iPhone.

Malam tiba, pencarian iPhone pun berakhir dengan ditemani rintiknya air hujan. Kami bertemu tommy di stasiun JR akihabara. Kemudian memutuskan untuk minum kopi di tempat hitsnya Jepang. Gua lupa nama tempatnya apa. Di situ kami menunggu hafiz yang ga kelar2 nyari oleh2nya.
Sayang, pas ada hafiz lupa foto

Sampai kira2 jam 8 atau 9 malam akhirnya kami memutuskan untuk balik ke asakusa hostel. Karena sudah pas sampai sudah terlanjur larut dan kaki sudah pegal, kami memutuskan untuk naik bus saja, supaya lebih hemat tenaga. Namun sebelumnya membeli makan malam dulu di supermarket. Karena gua ingin menghemat, gua cuma beli onigiri dua biji. Pas nyampe, gua makan sama kripik paru yang gua bawa dari Indonesia. Tanggal 8 malam ini sebenernya merupakan malam kedua terabsurd selama perjalanan gua di Jepang. Kenapa kedua? Yah, lu bakal liat di cerita berikutnya.

Malam itu, kami memutuskan untuk bermalam di lobby hotel asakusa, yang mana gua sebelumnya tau dari agen tour kami, katanya boleh untuk bermalam sampai pagi. Namun nyatanya, sekitar jam 1, gua dibangunin sama angga, katanya ga boleh nginep di lobby. DAMN! We're fucked up man. Kondisi dah jam segitu, rombongan yang mau pergi ke bandara pun akhirnya bingung mesti nunggu dimana. Mana kondisinya, ada anggota kami yang lagi pergi ke don-qui buat beli oleh2 dan mereka ga ada internet. Makin lama donk di lobby, makin ga enak sama pegawai hotelnya. Akhirnya, setelah ketemu anggota yang pisah ini, mereka buru2 buat beberes trus langsung cus pergi. Jadi kami berpisah sekitar jam 2, yang gua tau adalah mereka makan malem di toko 24 jam trus dilanjut ke stasiun. Sedangkan karena gua masih extend sampe tanggal 11, gua jadinya bayar 3000 yen untuk nginep lagi di hostel ini. Dan inilah asal usul mengapa gua tau harga permalam di hostel asakusa itu 3000 yen. Oia, gua nginep sama tommy, dia juga pulangnya baru tanggal 9 malem. Jadi daripada dia nginep seharian di bandara, dia pikir mending nginep aja di hostel, lebih ena juga.

9 September 2016
Gua bangun siang, jam 10an baru bangun. Tommy gua bangunin. Dia ternyata juga belum bangun. Mungkin karena emang kondisi kita kemaren yang jalan seharian ditambah sama kegajelasannya peristirahatan semalam. Jam 11an kita dah check out dari hotel buat nyari mesjid untuk solat jumat. Tommy bawa koper ke mesjid, sedangkan gua naro koper di hostel. Jadi di asakusa sakura hostel itu, kita enaknya bisa naro koper sesuka hati, terserah mau diambilnya kapan. Nah cuma kalo keilangan ya ditanggung sendiri. Mereka ada semacam tempat khusus untuk naro koper gitu. Oke lanjut, gua sama tommy nyampe mesjid sekitar jam 12an dan kondisi mesjid ialah....super sepi. Ternyata solat jumat di Jepang itu jam 1an, gua lupa tepatnya berapa. Jadi kondisinya adalah gua dan tommy kerajinan buat dateng ke mesjid jam segitu.

Ga lama kemudian, ada beberapa orang Indonesia yang bermunculan. Mereka juga berpikir bahwa solat jumat jam 12. Kebiasaan dari Indonesia sih ya, jadi begitu adzan langsung solat. Nah kalo di Jepang beda, pas gua di sana, zuhur emang jam 12an, nah cuma supaya waktu solat jumatnya terstandarisasi sepanjang tahun, mereka baru mulai solat jumat tuh jam 1. Bisa dimaklumi sih, soalnya gua yakin pasti waktu summer dan winter mereka, waktu zuhurnya berbeda. Jadi selama itu pula, kami banyak mengobrol sama orang Indonesia itu, ada yang udah ke kyoto, ada yang mau pulang hari minggu, dll.

Setelah solat jumat, gua pisah sama tommy. Dan kepisahan gua sama tommy ini menandakan berakhirnya gua berhubungan dengan anak2 dari gotravindo. Mau tau kisah selanjutnya? Nantikan part 2nya!! *capek euy*

No comments:

Post a Comment

About Me

Seoramg penikmat anime yang kadang menulis hal-hal yang terdapat dalam pikiran.

Contact us

Name

Email *

Message *